Mahasiswa Belajar Praktek


Mahasiswa Belajar Praktek
Kegiatan mahasiswa belajar bukan hanya proses memasukkan ilmu alias membaca atau mendengarkan saja.

Mahasiswa belajar harus juga melihat pada pembelajaran praktek. Bila hanya sibuk membaca ini dan itu atau mendengarkan ini dan itu tetapi melupakan praktek, maka seperti berjalan dengan satu kaki.

Pada hakekatnya, ilmu pengetahuan adalah ramuan dari amaliah/perbuatan alam. Pada awalnya seorang mengamati tanda-tanda alam, misalnya buah apel jatuh ke bawah. Pada awalnya. Lalu dengan akal-pikiran, manusia itu meramu sampai terbentuklah pengetahuan yang terstruktur dan sistematis yang disebut ilmu dan ilmu tersebut adalah ilmu grafitasi.

Maka karena ilmu adalah hasil amaliah alam maka alangkah baiknya mahasiswa belajar dengan kembali ke amaliah alam alias mengamalkan ilmu sesuai gejala.

Sebagai misal, kasus apel tadi yang akhirnya membentuk ilmu grafitasi. Maka untuk mengembalikan ilmu ke amaliah, mahasiswa melakukan uji coba penjatuhkan diri di air dengan melakukan perhitungan-perhitungan yang gunanya untuk olah raga terjun air. Atau melakukan hal apapun yang memanfaatkan ilmu grafitasi.

Sampai di sini, saya harap mahasiswa mengeri arti belajar yang sesungguhnya yaitu mementingkan teori-praktek. Karena ilmu tanpa amal (praktek) maka seperti pohon tanpa buah, seperti kaki yang hanya satu pasang, dll.

Mahasiswa belajar praktek dikembalikan kepada fakultas yang dipilihnya. Setelah itu, lakukanlah pengamalan ilmu.

Memang ada ilmu yang tidak bisa dipraktekkan mahasiswa namun bisa punya makna untuk digunakan dalam membantu ilmu lain dalam praktek ilmu. Seperti ilmu sejarah yang bisa dimanfaatkan dalam membuat karya sastra, film, pengembangan diri manusia, dll.

Intinya adalah mahasiswa belajar mencari sesuatu yang bisa diamalkan ilmunya.

Post a Comment for "Mahasiswa Belajar Praktek"