Mahasiswa Belajar Menulis Karya Ilmiah


Mahasiswa Belajar Menulis Karya Ilmiah
Mahasiswa belajar menulis? Kenapa tidak? Harus belajar menulis. Dalam hal ini mahasiwa belajar menulis karya ilmiah. Karena dalam syarat menjadi sarjana adalah membuat karya tulis.

Lalu bagaimana mahasiswa belajar membuat karya ilmiah?

Apakah mahasiswa mau saya beri saran bagaimana menulis karya ilmiah?

Yang penting dalam hal mahasiswa belajar menulis adalah bukan karya ilmiah atau karya ilmiahnya. Yang penting mahasiswa mau menulis.

Saya ingin memberikan saran untuk mahasiswa agar memulai belajar menulis mulai dari hal yang sederhana. Banyak para penulis senior yang menyarankan membuat tulisan jurnalistik. Artinya mengamati keadaan sesuai rill tanpa ada penafsiran.

Mungkin sebagian mahasiswa akan menganggap bahwa menulis seperti jurnalis itu menyulitkan. Namanya juga mahasiswa belajar menulis, ya masih sulit kalau statusnya masih belajar.

Untuk itu, saya sarankan untuk mahasiswa belajar menulis dengan dimulai menulis hal-hal yang sederhana. Misal,

“Dalam kamar saya terdapat lemari yang mempak berbagai jenis pakaian. Tak lupa saya memberikan sedikit gambar-gambar pemain bola yang saya tempelkan dalam lemari.” Dan seterusnya.

Namun seterusnya adalah mahasiswa mulai membahas yang ada kepentingannya dengan fakultas yang dipilihnya. Misal mahasiswa belajar di fakultas pendidikan maka mulailah menulis gaya jurnalis yang membahas tentang kondisi sekolah A atau B atau lainnya. Mahasiswa menulis tanpa perlu menafsirkan begini atau begitu.

Setelah mahasiswabelajar menulis gaya jurnalis, barulah menulis gaya analisis artinya menulis keadaan rill dengan disertai analisis-analisis. Teruskan menulis hal-hal nyata dengan memberikan argumen pribadi mahasiswa.

Setelah mahasiswa itu sudah tiga tahun kuliah dan selama itu belajar membuat karya tulis, maka mahasiswa itu akan mudah membuat karya ilmiah kualitatif atau kuantitatif.

Menulis itu skill. Jadi mahasiswa belajar menulis dimulai dari semenjak sementer awal.

Post a Comment for "Mahasiswa Belajar Menulis Karya Ilmiah"