Mahasiswa Belajar Karya Tulis How-To


Mahasiswa Belajar Karya Tulis How-To
Bila mahasiswa belajar di fakultas pendidikan, maka akan mengenal yang namanya Problem-Solving. Apakah tahu dengan hal ini? Nah, karya tulis How-To adalah mengenai Problem-Solving yang akan memecahkan suatu masalah dengan solusi tertentu.

Sekarang ini banyak sekali peminat pada karya tulis how-to karena lebih menjawab atas masalah yang sedang dihadapi. Dengan membaca buku how-to, seseorang seperti mendapat pencerahan yang segera bisa dilakukan.

Mahasiswa yang belajar mengenai tulis-menulis, cobalah menulis mengenai karya tulis how-to. Biasanya karena egois atau karena alasan ilmiah, mahasiswa enggan membuat karya tulis how-to. Karena pembahasannya yang sederhana, sehingga mahasiswa enggan menulis karya tulis ini.

Banyak buku-buku di dalam perpustakaan. Apakah mahasiswa belajar lewat membaca buku untuk kebutuhan skill? Rata-rata mahasiswa yang membaca buku di perpustakaan hanya untuk keperluan membuat tugas kuliah. Jarang untuk menyelesaikan masalahnya sendiri atau orang lain.

Bila mahasiswabelajar menulis how-to, maka harus mengetahui apa yang menjadi masalah. Misal masalahnya adalah “malas belajar”. Dengan mengetahui masalahnya maka mahasiswa belajar membuat “solusi” untuk memecahkan masalah misal malas belajar.

Terbentuklah langkah-langkah problem-solving seperti: penyebab malas, membuang malas dengan metode tertentu, mencegahan malas timbul kembali metode tertentu, bangkit dari kemalasan untuk meraih hal yang beralasan untuk sukses, kesimpulan berupa study kasus. Sampai disini, mahasiswa menghasilkan karya yang bakal diminati banyak orang.

Sederhana ini saja dulu kalau mahasiswa belajar membuat karya tulis. Dan jangan dianggap bahwa karya tulis how-to bukan karya tulis ilmiah. Hanya biasanya, karya tulis how-to pembahasannya sederhana.

Post a Comment for "Mahasiswa Belajar Karya Tulis How-To"