Mahasiswa Belajar Diskusi yang Tepat


Mahasiswa Belajar Diskusi yang Tepat
Mahasiswa belajar diskusi biasanya akan mengalami hambatan-hambatan salah satunya adalah tidak menguasai pembahasan dan asal-asalan dalam membuat karya tulis. Ini bukan problem siswa sekolah saja dalam hal penerapan diskusi tetapi problem mahasiswa.

Memang secara faedah alias keuntungan bahwa dengan melakukan diskusi akan membuat pola pikir berkembang. Ada keuntungan lain yaitu mahasiswa bisa memecahkan masalah dan mendapat solusi. Memang ini keuntungan.

Tetapi bagaimana agar membentuk pola pikir yang mementingkan pada sisi problem-solving? Memikirkan sesuatu bukan berarti memecahkan tentang sesuatu. Untuk itu untuk membentuk pola pikir yang brilian, yang cerdas yang mampu memecahkan masalah harus memenuhi standar diskusi belajar mahasiswa yang benar.

Metode diskusi itu sederhana, ada masalah lalu beberapa mahasiswa belajar untuk berusaha memecahkan masalah dengan terlebih dahulu mengajukan pemikirannya. Selesai.

Bila konsep alias pemahaman tentang diskusi sudah dipahami mahasiswa maka dalam membuat pembahasan perkuliahan yang sederhana, tidak perlu banyak lembaran-lembaran copy-paste, tetapi pembahasan it mengandung masalah yang perlu dibahas.

Untuk itulah dosen pun jangan asal memberikan silabus yang akan dijadikan bahan diskusi. Bila dosen sudah mengerti bahwa sistem diskusi yang seperti ini atau yang seperti itu “membosankan” dan membuat karya tulis dibikin asal-asalan, kenapa juga dosen sekenanya saja memberikan silabus dan diam saja?

Sebagai contoh mengenai mata kuliah SBM alias Strategi Belajar Mengajar. Ada masalah yang sangat klasik dan masih perlu dipahas mengenai dunia belajar-mengajar di sekolah yaitu mengenai,

“Bagaimana guru mengelola kelas yang benar yang membuat siswa aktif-produktif dan sebagian besar siswa bisa berprestasi di saat jam ngajar terbatas waktu?”

Masalah pertanyaan sederhana seperti ini pun bakal bisa membutuhkan banyak pembahasan yang menghabiskan banyak jam dalam mahasiswa belajar berdiskusi. So, mahasiswa belajar diskusi yang wajar-wajar dan sederhana saja lah.

Post a Comment for "Mahasiswa Belajar Diskusi yang Tepat"