Mahasiswa Belajar Kelompok


Mahasiswa Belajar Kelompok
Bila sebelum menjadi mahasiswa, biasanya ada belajar kelompok di tingkat SMA. Tetapi bila sudah mahasiswa, maka mahasiswa belajar mungkin tidak lagi berkelompok. Lebih dominan belajar kelompok dengan metode diskusi.

Tetapi bagaimana bila mahasiswa melanjutkan lagi belajar kelompok? Jadi mahasiswa tidak hanya berdiskusi sebagai belajar kelompok tetapi dalam hal lain.

Memang bisa dilakukan mahasiswa dalam belajar kelompok namun dalam cara pandang yang berbeda. Kalau waktu masa SMA, belajar kelompok berarti belajar saat mengerjakan tugas. Kalau mahasiswa, ya nanti saya akan memberikan metodenya.

Saya akan memberikan beberapa penjelasan tentang metode mahasiswa belajar kelompok.

1.    Diskusi
Dengan melakukan diskusi, maka mahasiswa bisa belajar mencurahkan isi pikirannya lewat ucapan. Dengan melakukan diskusi yang benar maka hasil mahasiswa belajar pun akan benar.

2.    Ceramah-Menceramahi
Ini adalah metode ceramah yang bisa dilakukan sebagai usaha mahasiswa belajar kelompok. Masing-masing mahasiswa memberikan pandangannya yang sebelumnya sudah ditulis. Mahasiswa memberikan pandangannya seorang-olah sedang menceramahi muridnya. Lalu bila sudah menjelaskan, maka ada bagian tanya-jawab.

3.    Ceramah-Berdiskusi

Masih ada kaitannya dengan kedua metode di atas. Namun dalam hal ini, hanya satu mahasiswa yang memberikan pandangannya seolah-olah sedang menceramahi muridnya. Lalu kemudian dilanjutkan diadakan dialog berdiskusi yang masing-masing memberikan pandangannya.

4.    Kerja Karya Tulis
Masing-masing mahasiswa diberi tugas membuat tulisan yang berbeda tema. Sebelumnya membuat mind mapping sebagai usaha memberikan gambaran besar tulisan yang mau dibuat.

Setelah mahasiswa selesai membuat tulisan sesuai pemikirannya, maka masing-masing mahasiswa melakukan presentasi sebagai bentuk pertanggungjawaban tulisan.

Dengan melakukan metode di atas secara rutin untuk mahasiswa belajar kelompok, maka dalam segi keilmuan akan mengalami perkembangan pesat dalam waktu 3 tahun.

Post a Comment for "Mahasiswa Belajar Kelompok"