Mahasiswa Belajar Tidak Memaksimalkan Waktu


Mahasiswa Belajar Tidak Memaksimalkan Waktu
Tugas mahasiswa kuliah adalah karena mahasiswa belajar sesuatu bukan karena ingin jalan-jalan atau menikmati pemandangan kampus. Mahasiswa perlu belajar mengenai ilmu-ilmu yang direkomendasikan kampus atau pilihan sendiri. Bila mahasiswa belajar maka perlu menyediakan waktu belajar.

Hal yang menjadi halangan terbesar belajar adalah mahasiswa terhalang waktu. Waktu banyak digunakan ini dan itu sehingga kadang bahkan sering waktu untuk belajar tersingkirkan.

Proses belajar mahasiswa bukan hanya membaca. Bila ilmu yang dipelajari perlu dialanisis, ya lakukanlah analisis melalu tulisan. Bila ilmu yang dipelajari adalah perlu dilakukan praktek, ya lakukanlah praktek. Sehingga waktu belajar benar-benar sebagian besar untuk belajar menguasai ilmu.

Perbuatan yang salah adalah mahasiswa belajar hanya untuk persiapan menghadapi ujian. Biasanya hanya melakukan membaca. Walau mahasiswa itu belajarnya bukan sistem kebut semalam namun materi yang dipelajari hanya sekedar untuk persiapan ujian. Pada akhirnya adalah sebagian besar waktu tidak lagi memfokuskan untuk belajar.

Padahal proses belajar tidak hanya mengandalkan membaca. Mahasiswa belajar perlu juga melakukan analisis lewat tulisan. Mahasiswa juga melakukan diskusi. Mahasiswa juga melakukan pengimajinasian mengenai ilmu. Belum lagi mahasiswa mengamalkan ilmu yang perli diamalkan dan mengajarkan. Hal ini akan membutuhkan banyak waktu.

Namun kenyataannya banyak mahasiswa yang sibuk dengan urusan yang lain dan mengesampingkan pemanfaatan waktu untuk belajar. Karena sudah terbiasa fokus pada hal yang bukan kegiatan belajar sehingga ada saja gangguan waktu saat mahasiswa belajar.

Post a Comment for "Mahasiswa Belajar Tidak Memaksimalkan Waktu"